Menurunkan Kolesterol Dalam Darah Secara Alami

Sebelum kita membahas mengenai cara menurunkan kolesterol dalam darah secara alami, alangkah baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui apa yang dimaksud dengan kolesterol itu sendiri. Menurut sumber Wikipedia Kolesterol merupakan sejenis metabolit yang memiliki kandungan lemak sterol (dalam bahasa inggris disebut waxy steroid) metabolit ini ditemukan pada bagian membran sel dan mengalir di dalam plasma darah. Kolesterol ialah salah satu jenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya.

Kolesterol sendiri pada dasarnya dibagi menjadi dua kategori yaitu kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh manusia dan juga kolesterol jahat yang mengganggu kesehatan manusia. Kolesterol baik atau yang sering disebut juga dengan HDL sebenarnya justru sangat dibutuhkan oleh manusia, kolesterol jenis ini sangat bermanfaat dalam membantu menyerap asam lemak esensial dalam tubuh juga membantu produksi hormon-hormon penting manusia.

Berbeda dengan HDL, kolesterol jahat yang disebut juga dengan LDL justru memiliki sifat yang sama sekali berbeda dengan HDL. LDL merupakan kolesterol jahat yang mampu menimbulkan penimbunan lemak dalam pembuluh darah dan dapat mengakibatkan penyakit Jantung.

Menurunkan Kolesterol Dalam Darah Secara Alami

Kolesterol dalam tubuh manusia sebenarnya selalu dibutuhkan, namun tentunya dalam kadar yang seimbang. Peningkatan dan penurunan kadat kolesterol dalam darah sangat dipengaruhi oleh asupan dan makanan yang dikonsumsi. Untuk itu, menjaga atau menurunkan kolesterol dalam darah secara alami sangat mungkin dilakukan. Berikut ini beberapa makanan yang dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara alami yang kami dapatkan dari berbagai sumber:

Ikan dan Omega 3
Mengkonsumsi Ikan dan omega 3 secara teratur sangat dibutuhkan oleh tubuh, kedua makanan ini mampu mencegah beberapa penyakit dan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 terbukti mampu memperkecil resiko terkena serangan jantung dan gangguan kesehatan lainnya. Omega 3 juga mampu menurunkan tekanan darah bagi penderita darah tinggi.

Kayu Manis
Menurut jurnal study yang dipublish oleh Diabetes Care dikatakan bahwa hanya dengan mengkonsumsi ½ sendok teh kayu manis di setiap harinya, akan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan dapat membantu penyembuhan penderita diabetes tipe 2. kayu manis juga efektif untuk mengurangi kadar trigliserida dalam tubuh manusia.

Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh manusia, terlebih dalam upaya menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kacang-kacangan memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menurunkan kolesterol dan juga mencegah penyakit Jantung secara signifikan.

Buah-buahan dan Sayur mayur
Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan memang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia, buah-buahan dan sayur mayur memiliki vitamin alami yang sangat dibutuhkan tubuh. Dalam kaitannay dengan cara menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara alami, buah-buahan seperti Apel, Anggur, Apricot dan Lemon memiliki peranan yang sangat penting. Anggur khususunya anggur merah memiliki kadar antioksidan yang tinggi yang dapar meningkatkan kadar HDL dan menurunkan kadar LDL dalam darah. Sementara itu, lemon yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari juga memiliki manfaat yang banyak, buah ini sangat kaya vitamin C alami yang merupakan antioksidan dengan kualitas baik bagi tubuh untuk memerangi kolesterol jahat. Sedangkan dari jenis sayur mayur, Kol, Bawang Putih, dan juga Ubi Jalar memiliki manfaat yang juga tak kalah penting dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Teh
Teh yang merupakan minuman favorit banyak orang setiap harinya juga ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara alami. Menurut penelitian tentang komponen bioaktif yang terkandung dalam teh yakni epigallocatechin gallate (EGCG) terbukti mampu mempercepat oksidasi kolesterol jahat yang mengganggu kesehatan tubuh manusia.

Kolesterol jahat dengan kadar terlalu tinggi dalam tubuh tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan, LDL berlebih dapat menimbulkan penyumbatan saluran pembuluh darah, memicu penyakit jantung dan juga banyak penyakit berbahaya lainnya. Mengkonsumsi makanan-makanan diatas telah terbukti secara medis mampu mengurangi resiko tersebut, untuk itu biasakanlah mengkonsumsi makanan diatas dalam keseharian Anda.
Share this post :

Posting Komentar

Translator

Total Pageviews

 
Copyright © 2013. Budidaya Buah Tin - All Rights Reserved